Kursor

Rabu, 12 Maret 2014

Manfaat Tanaman Pisang



Tanaman Pisang pada mulanya adalah sejenis tumbuhan liar di Asia Tenggara, kini sudah dikomersilkan. Buah pisang bukan saja mengenyangkan malah bisa mengatasi masalah sembelit. Selain mudah didapat dan murah di pasaran, pisang juga merupakan buah-buahan yang berpotensi mengandung serat, vitamin A serta menjadi makanan pokok masyarakat Afrika. Pelbagai jenis masakan bisa dihidangkan dengan cara merebusnya, menggoreng atau dibuat penganan, jenang, selai. Baunya sangat sedap dan sudah pasti enak!. Tetapi ingat! Sungguhpun pisang enak dimakan dan baik untuk kesehatan serta membantu mencegah penyakit tertentu, pisang bagaimanapun tidak boleh dimakan oleh penderita kencing manis. Ini karena kandungan gula di dalam pisang cukup tinggi. Tahukah anda, ada lebih 20 jenis pisang di dunia. Tetapi pisang nipah, nangka, ambon, mas, tanduk, raja, kepok biasa didengar.
Namun pisang talang, kapas, awak, susu, berangan, kari, embun, kelat keling, rastali, talang, kaki, kapas, lidi, lemak manis kurang biasa kita dengar, terutama bagi mereka yang tinggal di bandar. Semua pisang boleh dimakan, bagaimanapun ada berapa jenis pisang yang tidak boleh dimakan yaitu pisang batu karena banyak bijinya atau pisang muda. Ada pisang yang dimakan mentah dan ada juga tidak boleh dimakan mentah diantaranya pisang tanduk, nangka, abu, lidi dan kapas, mengkonsumsi pisang memberikan banyak khasiat kepada tubuh badan karena secara keseluruhan pisang mengandung tenaga, vitamin A, serat, vitamin C dan Kalsium. Sebagai contoh, 2 biji pisang emas mengandung 100 kalori, 73 gram (gr) air, 1.4 gr protein, 23 gr karbohidrat, 1.7 gr serat, 380 mikro gram (mg) karoten (provitamin A), 63 RE vitamin A, 8.3 mg vitamin C dan 342 mg kalium. Khasiat pisang sudah tentu mengandung tenaga. Pisang mengandung asam, enzim, dan zat kimia penting. Pisang juga mengandung tiga jenis gula yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosa. Zat gula ini amat penting untuk anak-anak yang sedang berkembang. Menurut para ahli gizi, pisang mengandung magnesium, fosfor, iodium, kuprum, vitamin B1, B2, B6 & C, niasin, dan folat.
Penelitian yang dilakukan membuktikan dua buah pisang memberikan tenaga untuk bekerja atau olahraga berat selama 90 menit.

Ribuan khasiat pisang adalah karunia Allah kepada manusia. Tidak mengherankan pisang amat populer di kalangan atlet karena pisang memberikan tenaga yang cukup ketika mereka berlomba dalam pertandingan. Pisang adalah buah yang paling digemari penduduk seluruh dunia. Ia juga mampu mencegah penyakit dan membantu dalam kesehatan manusia.

Manfaat Daun pisang
Digunakan sebagai alas makanan karena memberikan bau yang harum apabila terkena makanan yang panas.
Digunakan sebagai pelindung hujan
Pembungkus kue atau masakan seperti ikan bakar atau lontong.

Manfaat Batang pisang
Digunakan untuk membuat rakit.
Mempunyai manfaat yang banyak dan diproses untuk membuat tali dan bahan seperti serat goni.

Manfaat Buah pisang
Bisa dimakan masak atau dimakan masih muda untuk dimasak sebagai lauk, digoreng, dibuat selai, dibuat penganan nogosari, dan dijadikan keripik.

Khasiat pisang untuk kesehatan

Mencegah darah tinggi dan stroke 
pisang membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

Menurunkan kolesterol 
pisang rendah dari segi kalori lemak dan sodium yang membantu menurunkan kolesterol.

Mencegah Anemia 
anemia ialah penyakit kurang darah. Oleh karena pisang kaya dengan zat besi, yang menambah kadar hemoglobin di dalam darah.

Obat kemurungan 
orang yang sedang murung lebih cepat ceria apabila makan pisang. Ini karena kandungan sejenis protein membantu kita menjadi tenang.

Obat kepala pening  
cara paling cepat mengobati rasa pening ialah dengan meminum minuman susu pisang kocok (banana milkshake) yang dicampur madu. Minuman ini bukan saja enak juga menyehatkan.

INFO LAIN:

Pisang yang paling sesuai dimakan untuk menjaga kesehatan adalah pisang yang masih ada warna hijau diujungnya.

Disebabkan permintaan dunia terhadap pisang sangat tinggi, banyak hutan rimba telah ditebang dan dijadikan ladang tanaman pisang.

Jika anda digigit nyamuk, cobalah gosokkan bagian dalam kulit pisang pada tempat yang digigit.

Buah pisang juga bisa diberikan pada bayi usia tiga bulan sebagai makanan tambahan karena mudah dicerna.

Di dalam 100 gram buah pisang mengandung:
1.2 gr protein
0.3 gr lemak
17 mg kalsium
78 mg karotin
88 mg kalium
27.2 gr karbohidrat
0.4 gr serat
116 kcal energi.

0 komentar:

Posting Komentar