Kursor

Senin, 27 Januari 2014

Gaya Hidup Bersahabat Dengan Alam

Mengingat tahun-tahun belakangan ini, dunia dikejutkan dengan kenyataan bahwa suhu rata-rata Bumi telah naik 50C hanya dalam waktu sekitar 670 tahun. Padahal sebelumnya, perubahan suhu sebanyak itu terjadi dalam waktu 10.000 tahun.
Penyebabnya, tak lain dari peningkatan jumlah gas karbon dioksida yang melingkupi Bumi. Hal itu dibarengi dengan drastisnya penurunan jumlah tanaman yang sebetulnya mampu menyerap gas karbon dioksida.

Meningkatnya suhu rata-rata di Bumi tidak hanya membuat Bumi bertambah panas. Cuaca dan iklim ikut berubah. Ekosistem tumbuhan dan binatang pun ikut berubah. Segala perubahan ini, tentu menuntut penyesuaian diri yang tidak mudah. Dan meski tidak mudah, manusia di Bumi harus menyesuaikan diri.
Penyesuaian diri yang dilakukan manusia tidak hanya melulu menghadapi segala akibat pemanasan global. Penyesuaian diri itu juga termasuk meliputi usaha keras untuk menahan laju pemanasan global. Karena jika tidak, dampak yang lebih dahsyat akan menimpa Bumi dalam waktu tak lama lagi.
Untuk itu sangat penting bagi manusia untuk mengubah gaya hidupnya. Di saat sekarang, gaya hidup bersahabat dengan alam amatlah dibutuhkan. Karena melalui gaya hidup bersahabat dengan alam, maka Bumi bisa kita selamatkan.
Gaya hidup bersahabat dengan alam tidak hanya perlu dimiliki oleh orang dewasa. Bahkan amat baik jika sedari kecil anak-anak sudah memiliki gaya hidup bersahabat dengan alam. Kebiasaan untuk bersahabat dengan lingkungan dan alam juga bisa dilakukan lewat hal-hal kecil dan mudah. Itu sebabnya, sedari kecil anak-anak juga bisa berperan untuk menyelamatkan Bumi.


Melalui tulisan ini saya ingin menggugah masyarakat, terutama anak-anak, bahwa masih ada harapan di masa depan untuk memberikan Bumi yang lebih baik bagi generasi berikut. Caranya, tentu saja dengan mulai dari sekarang menghentikan atau mengurangi segala perbuatan yang menambah cepatnya pertambahan gas karbon dan menumbuhkan gaya hidup bersahabat dengan alam

0 komentar:

Posting Komentar