Kursor

Senin, 17 Maret 2014

Aja Dumeh



Aja Dumeh = Jangan Sombong, dapat diartikan sebagai suatu peringatan agar manusia selalu ingat kepada sesamanya, saling cinta mencintai. Mengisyaratkan agar manusia tidak larut dengan apa ayang dimiliki atau dijalaninya, sehingga cenderung menjalani keputusan hidup yang negatif seperti : Mentang mentang kaya, maka kita menjadi sombong dan merasa semua dapat dibeli dengan uang, begitu pula sebaliknya dengan kondisi miskin, maka kita menjadi putus asa dan mengakibatkan kita mengumpat sana sini kepada yang kaya.

• Aja Dumeh Kuwasa, tumindake daksura lan daksia marang sapada-pada, (jangan mentang–mentang sedang berkuasa, segala tindak-tanduknya pongah dan congkak serta sewenang–wenang terhadap sesamanya).
• Aja dumeh pinter, tumindake keblinger (jangan mentang–mentang diakui pintar lalu kebijaksanaannya menyimpang dari aturan yang seharusnya).
• Aja dumeh kuat lan gagah, tumindake sarwa gegabah (jangan mentang–mentang kuat dan gagah lalu tindakannya serba gegabah)

• Aja dumeh sugih, tumindake lali karo sing ringkih (jangan mentang–mentang kaya lalu tingkah perbuatannya tidak mengingat kepada yang lemah ekonominya)

• Aja dumeh menang, tumindake sewenang-wenang (jangan mentang-mentang dapat mengalahkan lawan lalu tindakannya sewenang–wenang kepada lawan)

0 komentar:

Posting Komentar